Sistem cpu

Sistem Komputer

Sistem computer terdiri atas perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software). Kedua perangkat ini merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dalam system computer.
Perangkat keras ( hardware ) sebagian bagian dari system computer dibentuk oleh komponen -komponen tertentu, yakni
– Komponen masukan ( input device ).
– Komponen alat pemroses ( processing device),
– Komponen alat keluaran ( output device ).
– Dan komponen alat simpanan luar ( storage ).

Sistem operasi ( Operating System atau banyak ditulis dengan OS ) merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan aktifitas operasi computer. OS berfungsi sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi.

Fungsi-fungsi yang dimiliki sitem opersi pada dasaranya ada tiga macam, yakni :
1. Fungsi alokasi sumber daya,
2. Fungsi penjadwalan sumebr-sumber daya
3. Fungsi pengawasan terhadap aktifitas sistem komputer.

Ketiga fungsi ini pada saat sekarang mampu menangani berbagai pekerjaan sekaligus dalam bentuk jaringan. Fungsi-fungsi tersebut terdiri atas :
a. Multitsking memungkinkan beberapa program sekaligus dilakukan dan diproses pada saat bersamaan pad sebuab komputer dengan pemakai tunggal.
b. Multiprograming pada sistem perangkat lunak komputer memungkinkan beberapa program dapat menggunakan sumber-sumber daya komputer secara bersamaan bergantian pada waktu yang sama.
c. Time sharing pada komputer memungkinkna beberapa pemakai komputer menggunakan CPU secara bersamaan dan CPU akan memeberikan waktunya secara bergantian kepada setia pemakai untuk memproses programnya.
d. Multiprocessing memungkinkan bebberapa CPU bekrja bersama-sama secara paralel dalam satu sistem komputer.

2. Perkembangan Sistem Operasi

Secara formal, OS pertamakali dikembangkan dan digunakan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1954 dan oleh General Motors Research Laboratories pada tahun 1955. tujuan utama perkembangan Os|S pada waktu itu ialah untuk mengurangi waktu menganggur dari CPU yang digunakan untuk menjalankan beberapa tugas komputer secara bersama-sama.

Sebuah OS mungkin saja hanya dapat diguankan pad satu merk komputer saja, dan mungkin bisa juga utnuk berbagai macam merk. Apple DOS merupakan contoh OS yang hanya dapat diguakan pada komputer Apple, sedangkan CP/m, MS-DOS, Windows, UNIX dan LINUX merupakan contoh OS yang dapat digunakan pada beberapa merk komputer.

Sistem operasi pada umumnya terdiri atas dua bagian, yakni :
1. Control Program
2. User Interface

Bagian sistem operasi yang terdiri dari control program terdiri atas dua bagian yaitu
– Tersimpan pada ROM. ( Resident Program atau Residen Routine )
– Tersimpan pada simpanan luar. ( Transient Program atau Transient Routine )

Untuk memudahkan pengoperasian komputer, kemudian dibuatlah user interface ( alat penghubung pemakai ) dengna sistem komputer dengan menggunakan gambar dan ikon-ikon tertentu sebagai menu. Windows, yang menambahkan user interface ini, menyebutkan sebagai Graphical User Interface ( GUI ) dengan menambahkan ikon , tombol, menu , kontak, serta operasi mouse dan keyboard sebagai penghubung. Antara pemakai dengan sistem komputer.

Berdasarkan uraian di atas, sistem opersi ini terdiri atas Sitem Operasi berbasi teks dan sistem operasi berbasis Graphic User Interface ( GUI )

referensi= Google

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s